-->

5 Ingus Pada Bayi

Ingus pada Bayi - Ketika hidung bayi mampet lantaran pilek atau alasannya yaitu lain umumnya ia akan sering rewel dan tak mau tidur alasannya yaitu kesulitan bernapas. Dan parahnya lagi bayi rewel lantaran hidung beringus sering terjadi di malam hari yang mengakibatkan orangtua pun tak sanggup istirahat. Sebelum dibawa ke dokter, coba cara cara menghilangkan ingus pada bayi berikut ini di rumah :

 Ketika hidung bayi mampet lantaran pilek atau alasannya yaitu lain umumnya ia akan sering rewel dan t 5  Ingus pada Bayi
Baca juga : Lidah Putih pada Bayi

1. Air garam
Larutan garam sedari dahulu dipercaya sanggup mengencerkan ingus, melonggarkan sumbatan dalam hidung sekaligus memperlihatkan kelembaban alami pada selaput hidung. Buat larutan dengan menambahkan satu sdt garam dalam separuh gelas air hangat, aduk sampai kristal garam terlarut. Tuangkan larutan tadi ke botol semprotan hidung, namun jikalau tak punya pakai saja pipet bayi. Di kedua hidung bayi teteskan larutan sebanyak 2 tetes. Lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari. Maka ingus akan lebih encer yang membuatnya praktis dikeluarkan.

2. Uap alami
Cara menghilangkan ingus pada bayi juga sanggup dilakukan dengan inhalasi atau penguapan. Gampang saja caranya, tempatkan bejana kecil yang sebelumnya diisi dengan air panas dan beberapa tetes minyak telon pada sudut kamar. Bayi akan menghirup uap air panas tadi yang selanjutnya akan melonggarkan hidung mampet akhir ingus. Boleh juga bayi digendong dengan posisi telungkup di atas kedua tangan, kemudian dekatkan wajah bayi dengan bejana air panas tadi. Cara ini akan membantu bayi menghirup uap air hangat yang bercampur minyak telon.

3. Menghangatkan tubuh bayi
Menghangatkan tubuh bayi saat hidungnya mampet akan melonggarkan napas sekaligus membuatnya nyaman. Caranya si bayi sanggup dimandikan menggunakan air hangat atau membiarkannya terkena panas cahaya matahari pagi langsung. Cara ini diperlukan sanggup segera menciptakan ingus yang kental menjadi encer yang hasilnya keluar dengan mudah. Bila kamar bayi menggunakan penyejuk ruangan atau AC, coba atur suhunya semoga tak terlalu dingin. Ibu pun sanggup memperlihatkan balsam khusus bayi di kepingan dada dan punggung sembari dipijat ringan.

4. Memijat hidung bayi
Alternatif lain cara menghilangkan ingus pada bayi yaitu memijat ringan di kepingan T atau di atas hidung dengan alis. Aplikasikan sedikit minyak telon dan kemudian dipijat-pijat dengan tujuan melonggarkan pernapasan bayi yang mampet. Agar ingus sanggup keluar, para ibu pun sanggup menggunakan tekanan lembut menggunakan cotton bud atau sapu tangan di bersahabat lubang hidung.

5. Atur posisi tidur
Posisi tidur bayi yang sempurna pun sanggup menciptakan pernapasan menjadi lega.  Caranya posisikan bayi miring sehingga hanya sebelah hidung saja yang mampet sementara satunya lagi akan plong. Sementara jikalau kedua hidung yang tersumbat, coba tambahkan bantal sehingga posisi kepala bayi agak lebih tinggi dibanding badannya.

Previous
Next Post »