Penyebab Ngorok Yang Mengganggu

Penyebab Ngorok - Apa bergotong-royong penyebab ngorok? ada orang-orang yang tidurnya mendengkur dengan sangat keras? Ngorok atau mendengkur ketika tertidur seringkali diartikan bahwa orang tersebut tidur pulas alasannya kelelahan. Namun bergotong-royong mendengkur merupakan gangguan pernapasan yang terjadi ketika kita sedang tidur. Penderita gangguan tersebut jarang yang menyadari bahwa dirinya ngorok ketika tidur. Orang-orang di sekelilingnya lah yang biasanya terganggu dengan bunyi dengkuran keras tersebut.
orang yang tidurnya mendengkur dengan sangat keras Penyebab Ngorok Yang Mengganggu
Baca Juga : Penyebab Malaria

Penyebab ngorok atau mendengkur yang utama ialah terjadinya penyempitan kanal udara pada lubang hidung atau tenggorokan. Suara dengkuran yang keras timbul akhir getaran udara yang kesulitan masuk ke dalam tubuh. Getaran udara tersebut bergesekan dengan langit-langit mulut, tonsil serta otot-otot tenggorokan dan menghasilkan bunyi keras. Faktor penyebab ngorok antara lain adalah:

Usia
Organ tenggorokan sanggup menyempit seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang. Otot-otot di kepingan tenggorokan berkurang elastisitasnya sehingga tidak sanggup bekerja maksimal memasukkan udara ke paru-paru ketika dalam posisi berbaring.

Kondisi Fisik
Umumnya laki-laki lebih sering mendengkur dibandingkan wanita. Saluran udara di tenggorokan yang lebih sempit menjadi penyebab ngorok pada pria. Selain kanal udara yang menyempit, kondisi fisik lain menyerupai langit-langit lisan terbelah serta pembesaran kelenjar tiroid juga berperan menjadi pemicu seseorang tidur mendengkur.

Sinusitis
Penyakit sinusitis mengakibatkan udara terhalang masuk ke dalam hidung sehingga proses pernapasan terganggu dan penderita mendengkur. Untuk mengatasinyadiperlukan penangan khusus dari dokter THT.

Kegemukan
Orang yang menderita kegemukan atau berat tubuh berlebih cenderung ngorok. Ini alasannya penumpukan lemak di bawah kulit tenggorokan menciptakan kekuatan otot berkurang hasilnya orang gemuk cenderung mendengkur ketika tidur. Oleh alasannya itu, , coba turunkan berat tubuh semoga Anda tidak mengorok lagi.

Posisi Tidur
Tidur dengan cara terlentang sanggup mengakibatkan otot tenggorokan menjadi lebih rileks sehingga memblokir kanal udara. Hal ini sanggup mengakibatkan seseorang tidur mendengkur.

Gaya Hidup
Orang dengan gaya hidup tak sehat menyerupai merokok dan minum alcohol juga cenderung tidur dalam keadaan mendengkur. Ini terjadi alasannya otot-otot di sekitar tenggorokan menjadi rileks dan menghambat masuknya udara ketika sedang tertidur.

Saat ini di pasaran tersedia alat bantu yang mengklaim sanggup mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan ngorok seseorang. Alat tersebut berupa bantal khusus yang sanggup dipakai penderita ketika tidur. Belum ada penelitian mengenai efektifitas penggunaan alat ini dalam mengatasi penyebab ngorok, namun mungkin tetap sanggup dicoba kalau Anda tertarik. Yang jelas, ngorok bergotong-royong berbahaya alasannya kekurangan oksigen pada waktu tidur sanggup mengarah ke gangguan yang lebih serius menyerupai penyakit jantung, hipertensi, diabetes bahkan stroke. Oleh alasannya itu, segera temui dokter untuk mengatasi kebiasaan mendengkur semoga tidak terjadi duduk perkara kesehatan yang lebih parah