-->

Tips Cara Menghilangkan Kutu Di Rambut Anak Secara Tuntas

Gatal yang terjadi di kulit kepala umumnya dialami oleh belum dewasa khususnya menjelang remaja. Salah satu yang sering menjadi penyebabnya yaitu kutu rambut. Di samping dapat merusak penampilan, kutu rambut pun menjadikan rasa gatal ahli yang akan menciptakan anak tidak nyaman. Kutu rambut merupakan jenis benalu suka berkembang biak di rambut terminal. Berlainan dengan tipe rambut velus yang lembut, rambut jenis terminal umumnya bertekstur bergairah dengan warna lebih gelap. Sebagai ibu anda tak perlu risau kalau anak anda mengalaminya. Cara menghilangkan kutu di rambut berikut ini dapat anda coba terapkan.

Cara Menghilangkan Kutu di Rambut

Gatal yang terjadi di kulit kepala umumnya dialami oleh anak Tips Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Anak Secara Tuntas

Sebab utama rambut dapat ditumbuhi kutu yaitu kurang dapat menjaga kebersihan. Kutu rambut lebih cenderung dialami oleh anak dengan usia berilmu balig. Begitu hormon seks berfungsi maka kelenjar kulit akan lebih aktif. Akibatnya kulit kepala akan lebih berminyak. Kecuali rambut anak akan cepat berbau, rambut pun gampang kotor yang akibatnya akan ditumbuhi basil dan parasit. Namun tak sedikit pula anak dengan rambut yang dicuci setiap hari namun tetap berkutu. Ini kemungkinan lantaran anak tersebut tertular kutu dari anak lain.

Cara menghilangkan kutu di rambut tak dapat dilakukan secara instan. Diperlukan perawatan secara teratur sehingga kutu rambut dapat hilang seluruhnya. Sebagai langkah pengobatan untuk kutu rambut, umumnya menggunakan permethrin 5 % yang dibalurkan di kulit kepala sekaligus batang rambut. Biarkan obat kutu rambut tersebut kurang lebih 8 hingga 12 jam, gres lalu dibilas menggunakan shampoo.  Tidak selesai hingga langkah ini saja lantaran sejumlah hal lain pun wajib dikerjakan demi menghilangkan kutu di rambut anak.

  • Jika kebetulan anak anda wanita dan rambutnya panjang, anda dapat memotongnya pendek. Sedangkan kalau anak laki-laki, anda dapat mencukur pendek sekali atau kalau mau boleh hingga habis.
  • Gunakan obat penghilang kutu ambut, lalu tutup menggunakan kain semalaman. Pagi harinya anda dapat mengeramasi rambut anak anda hingga bersih. Lakukan setidaknya selama seminggu.
  • Seminggu setelah diobati, cek kembali apakah masih ada kutu, atau telur kutu yang menetas. Penggunaan obat kutu rambut umumnya cuma akan membunuh kutu cukup umur sementara telur-telurnya tetap bertahan dan melekat pada rambut.
  • Cek juga keadaan rambut seluruh penghuni rumah dan juga teman-teman anak anda. Jika juga terkena maka rambut penghuni rumah lain pun harus diobati hingga tuntas sehingga tak terjadi penularan.
  • Jika terjadi infeksi sekunder diantaranya kulit kepala yang luka atau bernanah maka olesikan obat antibiotik berbentuk krim.
  • Cara menghilangkan kutu di rambut pun juga dengan mencuci bantal, sofa, lantai serta area bermain yang seringnya tertempel rambut anak.

Previous
Next Post »