-->

Penyebab Insomnia Dan Cara Pencegahannya

Penyebab Insomnia - Apakah insomnia itu? Apakah penyebab insomnia yang harus kita ketahui? Insomnia merupakan gangguan tidur yaitu berupa kesulitan untuk tidur atau sulit untuk tidur dalam waktu lama. Insomnia disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kebiasaan tidur serta konsumsi kafein yang berlebihan. Namun, insomnia juga sanggup disebabkan oleh gangguan psikologis. Untuk mengatasi gangguan tidur ini perlu diketahui terlebih dahulu dengan niscaya apa penyebab insomnia yang Anda derita. Berikut beberapa faktor penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui:
 Apakah penyebab insomnia yang harus kita ketahui Penyebab Insomnia dan Cara Pencegahannya
Baca Juga : Penyebab Hepatitis

Jam Tidur Yang Tidak Teratur
Jika Anda kurang tidur, sering begadang atau bahkan terlalu banyak tidur dalam sehari, Anda sanggup mengalami gangguan tidur tersebut. Tubuh sehat orang berakal balig cukup akal memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam semalam. Waktu tidur ini dihentikan terganggu oleh apapun biar kualitas tidur yang didapatkan baik. Beberapa orang, entah lantaran pekerjaan atau kegiatan/hobi, harus tidur larut atau bahkan tidak tidur sampai pagi. Kebiasaan tidur siang atau tidur sampai siang hari juga menciptakan orang menderita kesulitan tidur di malam hari.

Kafein
Ini merupakan penyebab insomnia yang paling umum diketahui. Kita ketahui kopi sanggup menciptakan kita segar jikalau mengantuk ketika bekerja. Secara tidak sadar kita sering mengkonsumsi terlalu banyak kafein dalam sehari. Akibatnya, di malam hari kita tetap terjaga. Kafein sangat baik untuk badan lantaran sanggup mencegah penyakit serangan jantung. Namun konsumsi kafein perlu dibatasi, maksimum dua cangkir kopi sehari. Setelahnya, perbanyak minum air putih lantaran kafein bersifat diuretik atau menarik air dari sel tubuh, jadinya badan pun mengalami dehidrasi

Penggunaan obat-obatan
Salah satu yang mengakibatkan insomnia ialah penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang. Entah itu obat-obatan terlarang, pil penenang, obat-obatan untuk penyakit kronis menyerupai diabetes, hipertensi atau stroke dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut menciptakan jantung dan otak terus terangsang untuk bekerja. Dengan demikian sulit untuk badan menjadi rileks dan masuk ke dalam keadaan tidur. Hentikan penggunaan obat-obatan atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat lain sebagai penggantinya.

Stress Dan Depresi
Ini merupakan penyebab insomnia yang paling sering terjadi. Banyak orang secara tidak sadar terjebak dalam tekanan pekerjaan atau tekanan hidup yang menurutnya sulit diatasi. Beberapa orang mempunyai kepribadian yang ringkih dan rentan terkena stress sampai menimbulkan depresi. Orang-orang menyerupai ini terus menerus terganggu dengan duduk perkara yang sedang dihadapinya. Untuk mengatasinya sebaiknya berlatih untuk rileks dan mencoba menuntaskan duduk perkara dengan pikiran jernih. Untuk tingkat yang cukup parah, sebaiknya meminta proteksi psikolog atau psikiater.

Demikian beberapa penyebab insomnia yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah munculnya insomnia, sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat serta contoh makan yang teratur.

Previous
Next Post »