-->

Ini Beliau Tanda-Tanda Dan Penyebab Cacar Air Yang Perlu Anda Ketahui!

Penyebab Cacar Air - Penyakit cacar air merupakan penyakit yang sangat menular. Penyebab cacar air ini disebabkan oleh bisul virus cacar air yaitu virus Varicella zoster. Adapun tanda-tanda awal timbulnya cacar air ini yakni timbulnya bintik-bintik berisi air dipermukaan kulit maupun selaput lendir. Bintik-bintik tersebut akan menyebar ke seluruh badan dan berwarna kemerahan termasuk ke area wajah. Penyakit cacar air sendiri dapat dibilang penyakit yang terjadi hanya sekali seumur hidup. Hal ini dikarenakan, kalau seseorang terkena penyakit ini, maka ia akan mendapat kekebalan badan yang besar lengan berkuasa seumur hidupnya.
 Penyakit cacar air merupakan penyakit yang sangat menular Ini Dia Gejala dan Penyebab Cacar Air Yang Perlu Anda Ketahui!
Baca Juga :  Penyebab Campak

Penyakit yang sangat menular ini mempunyai tiga tahap pembentukan. Gejala awal cacar air ditandai dengan munculnya bertahap bintik-bintik merah yang rasanya sangat gatal sampai ke seluruh belahan kulit tubuh. Bahkan bintik-bintik merah tersebut hampir mirip gigitan serangga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab cacar air disebabkan oleh adanya virus. Sehingga virus ini akan menginfeksi orang-orang yang mempunyai daya tahan badan yang lemah. Maka wajar, kalau cacar air terkadang menyerang para bayi dan balita. Tetapi, penyakit ini juga dapat saja menyerang orang cerdik balig cukup akal yang mempunyai kekebalan badan yang lemah.

Sebelum kita membahas penyebab cacar air lebih detail, terlebih dahulu kita akan membahas ciri-ciri dari penyakit ini. Bagi Anda yang belum mengenal atau belum pernah mengalami penyakit cacar air maka ciri-ciri dari penyakit cacar air ini berawal dari benjolan kecil berwarna merah atau disebut juga bintik-bintik merah. Benjolan kecil atau bintik-bintik merah ini berisi air dengan dinding tipis yang disebut sebagai vesikel atau vesikula. Bintik-bintik merah tersebut kesudahannya akan menyebar ke seluruh belahan badan sampai ke belahan wajah. Bahkan tak jarang cacar air akan menyerang belahan rongga mulut, hidung dan pada belahan mata.

Mungkin Anda semua pernah mendengar, kalau seseorang terkena cacar air maka penderita tidak dibolehkan mandi. Padahal, mandi dapat mengurangi bisul basil yang masuk ke dalam kulit tubuh. Apalagi penyebab cacar air sendiri dikarenakan oleh bisul virus. Jadi, penderita harus tetap mandi meskipun terjangkit cacar air. Nah, sesudah mandi sebaiknya gunakan handuk higienis yang lembut dan pakai bedak untuk mengurangi rasa gatal akhir cacar air dengan memakai bedak yang mempunyai kandungan Menthol Salycil.
Adapun beberapa penyebab penyakit cacar air yang perlu kita ketahui antara lain:

Infeksi virus Varicella-zoster.

Awalnya virus ini akan menginfeksi jaringan kulit beserta selaput luar di belahan dinding rongga ekspresi atau mukosa. Kemudian virus akan mulai menyebar melalui aerogen ataupun belahan atas jaringan pernafasan. Setelah virus menyebar melalui aerogen, maka virus akan mulai memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh jaringan pada getah bening dan darah. Jika penderita tidak mempunyai kekebalan badan yang besar lengan berkuasa maka cacar air akan menyebar ke seluruh tubuh.

Kurangnya sistem imunitas tubuh
Kurangnya kekebalan badan yang menjadikan virus menyebar ke seluruh belahan tubuh. Daya imun ini juga menghipnotis masa inkubasi penyakit cacar air. Jika penderita tidak mempunyai sistem imunitas yang besar lengan berkuasa maka penyakit cacar air akan berlangsung lebih lama.

Pola hidup tak sehat.
Pola hidup seseorang juga akan mengakibatkan cacar air menyerang tubuh.

Tertular dari orang lain

Karena cacar air sangat gampang sekali menular, maka penyakit ini dapat disebabkan lantaran tertularnya penyakit cacar air dari penderita sebelumnya.

Nah, itulah 4 penyebab cacar air yang perlu Anda ketahui untuk pencegahan penyebaran virus penyebab cacar air tersebut. Oleh lantaran itu, pastikan Anda dan keluarga tetap terjaga dengan menjalani contoh hidup sehat ya!

Previous
Next Post »