Tips Agar Koneksi Internet WiFi Cepat dan Stabil

Tips Agar Koneksi Internet WiFi Cepat dan Stabil | WiFi atau koneksi nirkabel atau koneksi tanpa kabel sudah bukan barang asing lagi di Indonesia. Para anak mudah yang suka nongkrong dengan perangkat gadget maupun laptop sudah tidak akrab dengan koneksi internet wifi. Apalagi bagi mereka yang memiliki prinspi ngirit, selalu berburu wifi gratisan. hehehe.....

Koneksi internet dengan WiFi memang sangat menyenangkan, karena bisa internetan di mana saja tanpa ribet harus menggulung dan mengulur kabel. Namun karena ini adalah koneksi tanpa kabel terkadang sering terjadi kendala yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Misal internet mendadak menjadi lemot bahkan hilang sinyal. 

Nah tentunya bagi anda yang memasang WiFi di rumah tidak ingin hal ini terjadi. Anda ingin koneksi internet anda tetap cepat dan stabil dimanapun posisi anda. Untuk itu maka anda harus mensiasatinya dengan baik. 

Kali ini saya ingin share tips internet dan tips komputer  yang bertujuan untuk mempercepatn koneksi internet pada koneksi WiFi. Tips ini meliputi dua bagian penting yaitu hardware dan software. Oke, bagaimana cara mempercepatn koneksi internet WiFi? Berikut adalah tipsnya. 


1. Letakan Router Pada Posisi Terbaik


Posisi router bukan hal yang sepele. Kita tahu bahwa sinyal dari wifil merambat melalui udara, untuk itu maka usahakan agar sinyal wifi tidak terhalang oleh benda keras. Hal ini karena sinyal wifi tidak bisa merambat atau menembut benda keras seperti tembok. 

Posisi terbaik router adalah letakkan pada posisi center dan tempat yang lebih tinggi. Mengapa demikian? Karena ketika router diletakan di tengah ruangan maka sinyal akan menyebar secara maksimal ke tempat-tempat yang biasa digunakan internetan dalam sebuah runagan. Selain itu karena diletakakan di tempat yang lebih tinggi sinyal juga lebih kuat dan lebih maksimal dalam menyebar. Jangan letakkan sinyal di pojok ruangan atau dekat jendela. Karena sebagian sinyak akan menyebar ke luar ruangan dan menjadi sia-sia. 

2. Jauhkan wifi dari alat elektronik lain

Perangkat elektronik seperti televisi, radio, sounsytem dan lainnya ketikah hidup akan menyebarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini bisa mengganggu sinyal wifi. Jauhkan router kamu dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, handphone, serta TV.

3. Atur antena agar berdiri

Pastikan antena router berada di posisi vertikal. Dengan posisi tersebut, maka sinyal akan terpancar secara horizontal, dan sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

4. Mengubah pengaturan badwidth pada computer

Dengan mengubah pengaturan ini setidaknya bisa sedikit membantu mempercepat jaringan internet. Untuk mengubah settingan bandwidth pada computer bisa dilakukan dengan cara:
  • Klik tombol “Start” pada windows
  • Lalu Klik “Run” dan ketik “gpedit.msc” pada kolom kosong, lalu klik “OK”
  • Pada “Computer Configurasi” klik “Administrative Tempelates”, kemudian pilih “Network”
  • Setelah itu double klik pada “QoS Packet scheduler”
  • Setelah itu terbuka pilih dan double klik “Limit reservable Bandwidth” didalamnya ada pilihan, pilihlah status menjadi “enabled” lalu ubah nilai Bandwidth limitnya yang tadinya 20% menjadi 0%.
  • Setelah itu klik “apply” dan “OK”
  • Tutup jendela untuk keluar dan restart computer anda.

5. Jangan membuka banyak website sekaligus

karena akan memperlambat koneksi internet anda. Hal ini berlaku untuk semua browser seperti Firefox, Google Chrome, Opera dan Safari. Sebaiknya maksimum tab terbuka secara bersamaan adalah 5 tab.

6. Matikan Auto Update

Ada beberapa aplikasi yang sering melakukan update secara otomatis seperti aplikasi anti virus. Tidak hanya itu windows juga sering melakukan auto update. Jika ini tidak diperlukan, lebih baik matikan sementara auto update dari aplikasi dan windows.

7. Batasi jumlah program atau software

Apa hubungannya dengan koneksi wifi? Tidak ada hubungannya. Tapi ketika membuka terlalu banyak aplikasi laptop atau komputer yang digunakan bisa saja terjadi lag bahkan hang karena memori yang memiliki banyak beban. Ini akan berpengaruh juga pada aplikasi browser yang anda gunakan.

8 Pilihlah operator yang tepat

Selain router terbaik, maka yang sangat berpengaruh adalah kualitas koneksi internet dari opeator. Maka sangat penting dalam memilih operator yang tepat.

Nah demikian Tips Agar Koneksi Internet WiFi Cepat dan Stabil yang saya share untuk anda. Khusunya para operator sekolah yang sering menggunakan wifi dalam bekerja online, penting untuk menerapkan tips-tips ini.