-->

Tips Microsoft Excel : Memberi Warna Merah Secara Otomatis Jika Nilai Dibawah KKM

Tips Microsoft Excel : Memberi Warna Merah Secara Otomatis Jika Nilai Dibawah KKM | Memberi warna merah pada cell dan angka nilai yang dibawah KKM sangat penting untuk menandai bahwa seorang siswa pada mata pelajaran tertentu tidak memenuhi nilai KKM. Bagi anda para guru dan operator sekolah yang sering mengolah nilai menggunakan microsoft excel, maka tips ini sangat penting untuk diketahu. Untuk itu silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Untuk memberi warna merah pada cell dan angka pada nilai dibawah KKM sangatlah mudah. Microsoft excel memiliki fitur untuk melakukan ini secara otomatis, tanpa menggunakan rumus yang akan membuat pusing tujuh keliling. Cukup klik dan klik saja, maka fungsi ini sudah bisa beraksi. Sangat mudah, asal anda tahu cara menggunakan fitur ini. Fitu ini namanya Conditional Formatting.

Cara memberikan warna merah otomatis pada nilai di bawah KKM

1. Blog cell yang akan dijadikan input nilai
2. Klik Home
3. Klik Conditional Formatting
4. Klik Hight Cell Rules
5. Klik Less Than (lebih kecil dari), lihat screen shoot berikut

6. Masukan nilai KKM (misal 6) dan pilih warna Light Fill with Dark Red Text

7. Klik OK
8. Silakan ketik atau masukkan nilai siswa dari mapel yang berkaitan. Lihat gambar ilustrasi berikut. Saya menetapkan nilai KKM 6, maka setiap nilai yang kurang dari 6 otomatis akan berwarna merah.





Demikian Tips Memberi Warna Merah Secara Otomatis Jika Nilai Dibawah KKM, sangat mudah dan cepat. Tidak perlu menguasai pengkodean Visual Basic maupun rumus-rumus rumit microsoft excel. Selamat mencoba.

Previous
Next Post »