-->

Manfaat Flora Paku (Pteridophyta) Bagi Insan

Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta)| Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan manusia. Manfaat flora paku (pteridophyta) dimana kita ketahui bahwa flora paku ialah organisme fotoautotrof, yang artinya ialah sanggup menciptakan masakan sendiri dengan cara berfotosintesis. Tumbuhan paku hidup di aneka macam kawasan menyerupai ditempat lembab (higrofit), di air (hidrofit), permukaan batu, tanah dan melekat (epifit) dikulit pohon.

Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah ialah Adiantum cuneatum (splir) dan Alsophila Glauca (paku tiang). Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah yang basah ialah Marsilea sp. Tumbuhan paku yang hidup di air ialah Azolla pinnata dan Salvinia natans. Sedangkan flora paku yang hidupnya melekat di pohon ialah Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa) dan Asplenium nidus (paku sarang burung). Tumbuhan paku akan hidup melimbah dan subur dihabitat yang sesuai yaitu di hutan hujan tropis.  

Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun ada pula yang merugikan. Terlepas dari hal tersebut dimana menyerupai tema diatas yaitu manfaat flora paku (pteridophyta). Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) ialah sebagai berikut..... 

Manfaat Tumbuhan Paku bagi Manusia
  • Sebagai tumbuhan hias, contohnya Adiantum (suplir), Platycerium sp (paku tanduk rusa), Asplenium nidus (paku sarang burung), Nepholepism dan Alsophila glauca (paku tiang). 
  • Bermanfaat sebagai materi obat-obatan seperti Equisetum (paku ekor kuda) yang mempunyai fungsi diuretik. Diuretik ialah melancarkan pengeluaran urine dan Selaginella (obat luka). 
  • Sebagai bahan-bahan masakan menyerupai sayuran, contohnya Marsilea crenata (semanggi) dan Pteridium aquilinum (paku garuda).  
  • Sebagai pupuk hijau, menyerupai Azolla pinnata bersimbiosis dengan ganggang biru Anabaena azollae yang bisa mengikat gas nitrogen (N2) bebas. 
  • Sebagai materi pembuatan petasan menyerupai pyrotechnics, dengan memakai spora Lycopodium sp. 
  • Sebagai tiang bangunan, menyerupai Alsophila glauca
  • Bermanfaat sebagai penggosok atau ampelas, menyerupai flora paku Equisetum sp 
  • Sebagai salah satu materi dalam menciptakan karangan bunga, menyerupai Lycopodium cernum
Baca Juga :

Tumbuhan paku mempunyai banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan insan Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia
"Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Bagi Manusia "
Demikianlah uraian seputar Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) bagi Manusia. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan sanggup bermanfaat bagi kita semua serta teman-teman "Jangan Lupa untuk SHARE atau Bagikan melalui Sosmed teman-teman yang dipakai atau anda bagikan melalui sosmed yang ada dibawah ini..Agar teman-teman sanggup dengan gampang menemukan manfaat flora paku (pteridophyta), kan baik saling aneka macam :) " . Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Previous
Next Post »