-->

Tips Menentukan Jurusan Yang Sempurna Di Kursi Kuliah

Itulah yang sering kali dipusingin sama calon mahasiswa. Bingung mau milih jurusan apa nantinya! Nggak seru aja kan, jikalau kau gundah nentuin jurusan apa yang bakal dipilih terus pada hasilnya kau hanya ikut-ikutan teman. Kalau itu cocok sih oke-oke aja. Kalau nggak? Bisa jadi kuliah kau berantakan.

Nah, bagi kau yang masih gundah dalam menentukan jurusan, berikut ini ada tips-tips yang mungkin dapat dicoba nantinya.
  • Banyak tanya sana sini. Kamu masih gundah gotong royong talenta kau itu apa? Ilmu alam, ilmu sosial, atau seni? Kamu dapat tanya sahabat atau pacar kamu, yang mungkin sudah kenal kau dengan baik luar-dalam. Kalau contohnya mereka bilang kau ahli menghitung pembukuan waktu pelajaran Akuntansi, dapat jadi, kau memang punya talenta alami di bidang akuntansi. Langkah selanjutnya, cek nilai-nilai mata pelajaran akuntansi di ujian dan rapor kamu. Kalau memang selalu bagus-bagus, berarti nggak ada salahnya, kan, lebih mendalami lagi “bakat” kau itu?
  • Kilas balik. Tips ini bukannya menyuruh kau memopulerkan urusan sontek-menyontek. Tapi, mungkin cara berikut ini dapat membantu kamu. Coba ingat-ingat, pernah nggak kau dijadiin “sang master” ketika lagi ujian mata pelajaran tertentu? Hampir setengah kelas mengakibatkan kau sebagai “kunci jawaban”. Pokoknya, mereka selalu nanya atau minta tanggapan sama kau jikalau lagi masanya ujian. Bisa jadi, mereka menganggap kau satria di mata pelajaran tersebut. Nah, jikalau ternyata kau pernah mengalaminya, mata pelajaran itu dapat jadi petunjuk ke mana talenta kau sebenarnya. Kalau kau merasa nggak pernah mengalami itu, keep searching….
  • Cita-cita waktu kecil. Sekarang, coba agak mundur jauh ke belakang. Waktu kecil dulu, kau pernah nggak punya obsesi atau impian yang kau harap bakal kau jalani jikalau sudah besar? Coba, deh, ingat-ingat! Dulu, jikalau waktu bermain bareng teman-teman kecil kamu, biasanya, kau berperan sebagai siapa? Kalau waktu bangkit di depan kaca, kau berharap kau pengin jadi apa begitu besar nanti? Kalau ada Tante atau Om yang bertanya apa cita-citamu, profesi apa yang paling sering kau jadikan tanggapan buat pertanyaan itu?
  • Ikutin hobi. Kamu niscaya punya hobi, kan? Mungkin, kau dapat jadikan hobi kau itu sebagai motivasi untuk mengambil jurusan yang cocok buat kamu. Kamu hobi memasak? Kalau ya, mungkin, kau dapat masuk ke Jurusan Perhotelan atau bahkan Jurusan Bisnis biar dapat jadi pengusaha kuliner. Hobi banget nonton film dan ingin tau pengin mengikuti jejak sutradara-sutradara populer ibarat Steven Spielberg atau Nia Dinata? Mungkin, Jurusan Film dapat jadi salah satu pilihanmu. Kuncinya yakni hobi itu kau lakukan alasannya yakni itu memang 100% minat kamu. Kalau sudah ada minat, berarti kau juga akan menjalaninya dengan happy.
So, pikirin dengan matang deh jurusan yang bakal kau pilih sebelum kau memutuskan untuk mengikuti Ujian Mandiri yang diadaka oleh beberapa universitas.
Pembahasan lebih lengkap mengenai seluk-beluk persiapan masuk kuliah ini dapat kau temukan dalam buku Siap Kuliah karya Stilla Maanesh yang diterbitkan oleh GagasMedia. Buku ini juga membahas ihwal peluang beasiswa, bergaul di kampus, ensiklopedi istilah kuliah, cara mencar ilmu efektif, sampai direktori kampus idaman.

Previous
Next Post »