Silabus Ekonomi Kelas 10 Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017

 dalam rangka membantu para rekan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Ekonomi berik Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Ekonomi SMA
Salam satu data, dalam rangka membantu para rekan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran Ekonomi berikut ini saya share silabus Ekonomi kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya.

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum menyebarkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD sanggup membantu Anda dalam menyebarkan IPK yang dijadikan dasar dalam melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan Abad 21.

Ekonomi merupakan ilmu perihal sikap dan tindakan insan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bervariasi dan tidak terbatas serta berkembang dengan sumber daya yang terbatas melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Luasnya ilmu Ekonomi yang di dalamnya meliputi konsep uang dan perbankan serta perekonomian terbuka, maka rumusan kompetensi difokuskan pada fenomena empirik ekonomi yang ada disekitar penerima didik, sehingga penerima didik sanggup memahami insiden ekonomi, mengolah, menganalisis, menerapkan atau mempraktikkan, dan manyajikan hasil pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, menalar atau mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Sehingga penerima didik sanggup mengambil manfaat dan hasil yang diperoleh dari lingkungannya untuk kehidupan yang lebih baik sesuai dengan anutan agamanya.

Fenomena empirik yang ditandai pesatnya perkembangan IPTEK dan lahirnya regulasi gres perihal tata kelola perbankan dan industri jasa keuangan berdampak pada perubahan Sistem Pengaturan dan Pengawasan Lebaga Keuangan Bank (LKB) dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) di Indonesia mendorong adanya perubahan metode produksi, konsumsi dan distribusi. Lahirnya Undang-Undang (UU) No. 21 Tahun 2011 perihal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tindak lanjut dari amanah UU No. 23 Tahun 1999 junto UU No. 3 tahun 2004 perihal Bank Indonesia (BI) pasal 34 menegaskan bahwa kiprah mengawasi bank akan dilakukan oleh forum pengawasan sektor jasa keuangan yang independen, dan dibuat dengan Undang-Undang. Hal ini otomatis berdampak kepada perubahan kiprah dan

fungsi Bank Indonesia, khususnya terkait dengan kiprah pengaturan dan pengawasan yang berkaitan dengan microprudential. Bank Indonesia memiliki tiga kiprah utama yakni tetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dan mengatur dan mengawasi bank.

Pembahasan perihal administrasi difokuskan pada fungsi administrasi tubuh perjuangan dalam kaitannya dengan perekonomian nasional. Pembahasan fungsi administrasi juga meliputi pengembangan tubuh perjuangan termasuk koperasi yang mendorong munculnya jiwa kewirausahaan. Sementara Akuntansi difokuskan pada sikap akuntansi jasa dan dagang. Peserta didik dituntut memahami transaksi keuangan perusahaan jasa dan dagang serta mencatatnya dalam suatu sistem akuntansi untuk disusun dalam laporan keuangan. Pemahaman pencatatan ini berkhasiat untuk memahami administrasi keuangan perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Mata pelajaran ekonomi yang diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bab integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Atas dasar itu, Ekonomi ialah ilmu yang mempelajari perihal bagaimana insan memenuhi kebutuhan hidupnya yang berafiliasi dengan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Dalam pengertian tersebut, mengatakan sebuah kondisi yang merujuk pada acara insan dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya dan mencapai impian khususnya pada perjuangan untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.

Untuk melaksanakan analisis kompetensi dan menyebarkan IPK disarankan semoga Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Ekonomi, dan mempelajari karakteristik penerima didik untuk menyebarkan nilai nilai pembentukan huruf menyebarkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan persoalan (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.


Mudah-mudahan silabus Ekonomi kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 bisa menjadi rujukan bagi anda dalam menyusun perangkat pembelajaran lainya yang sesuai dengan kurikulum 2013.